Pilkada 2024

Prioritaskan Kader, PPP Dukung Wartiah Maju Pilgub NTB 2024

Mataram – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mulai serius menatap Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2024. Partai berlambang ka’bah itu tengah menimang-nimang sejumlah nama yang akan mendapatkan tiket dukungan dari PPP untuk berlaga di pilgub NTB 2024.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP NTB Mohammad Akri menuturkan pihaknya tentu memprioritaskan kader untuk merebut kursi NTB I.

Menurutnya, sebagai salah satu partai besar di NTB, PPP tak kekurangan kader potensial untuk maju di Pilgub NTB yang akan dihelat 27 November mendatang.

Salah satu kader PPP yang paling ‘moncer’ dan layak didorong maju pilgub menurutnya adalah anggota DPR RI Hj Wartiah.

Dengan rekam jejak yang mumpuni selama menjadi legislator, baik di DPRD NTB maupun DPR RI, Akri menilai Wartiah telah punya cukup pengalaman dan kemampuan untuk membangun NTB.

Nantinya, akan ada sejumlah mekanisme kepartaian yang akan berlaku sebelum memutuskan dukungan ke salah satu paslon seperti desk pilkada hingga Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil).

“Tapi sementara kami akan memperiortaskan kader. Selama kader itu berpotensi, kami akan dukung. Kita kan 7 kursi, tinggal cari sisanya 6 kursi selesai. Yang potensial kan semua orang tahu ada Ibu Wartiah dengan pengalamannya di legislatif, pernah di DPRD  NTB, sekarang di Senayan,” kata Akri pada Minggu (17/3/2024).

Lebih jauh lagi, Wartiah merupakan tokoh perempuan. Menurut Akri, di tengah dominasi figur laki-laki dalam kancah politik khususnya di NTB, perlu didorong lebih banyak perempuan yang punya kapasitas untuk memimpin dan membangun NTB.

“Pada prinsipnya, secara kepartaian masih berproses. Kita tunggu rekapitulasi nasional pemilu 2024 rampung. Baru nanti kami menunggu arahan DPP soal ini (Pilgub),” papar anggota DPRD NTB asal dapil NTB VII Lombok Tengah itu.

Akri menegaskan, PPP adalah salah satu partai yang akan menentuskan peta koalisi dan kontestasi Pilgub NTB 2024. Dengan modal 7 kursi di DPRD NTB dengan raihan 247.210 suara, pihaknya optimis menatap Pilgub NTB 2024.

“Ya kami optimislah, kita bisa jadi salah satu penentu nanti,” terang Akri. (*)

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 10 figur digadang-gadang bakal maju di pilgub NTB 2024. Di antaranya:

1. Zulkieflimansyah (Politikus PKS-Gubernur NTB 2018-2013)

2. Sitti Rohmi Djalilah (Ketua Dewan Pertimbangan Partai Perindo NTB-Wakil Gubernur NTB 2018-2023)

3. Lalu Muhammad Iqbal (Eks Dubes RI untuk Turki-Juru Bicara Kemenlu)

4. Mohan Roliskana (Wali Kota Mataram-Ketua DPD Partai Golkar NTB)

5. Lalu Pathul Bahri (Bupati Lombok Tengah-Ketua DPD Gerindra NTB)

6. Lalu Gita Ariadi (Pj Gubernur NTB)

7. Suhaili (Politikus Golkar-Bupati Lombok Tengah 2010-2020)

8. Sukiman (Bupati Lombok Timur periode 2008-2013 dan 2018-2023)

9. Indah Dhamayanti Putri (Politikus Partai Golkar, 2

10. Musyafirin (Politikus PDIP – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat 2013-2024)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button