Pilkada 2024
Trending

Pengamat Menilai Lalu Iqbal Penantang yang Sebanding untuk Doktor Zul

Mataram – Sejumlah figur calon gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2024 mulai bermunculan.

Mereka secara malu-malu mulai menunjukkan diri sebagai penantang petahana. Salah satunya, yakni Lalu Muhammad Iqbal.

Duta Besar RI untuk Turki 2019-2023 itu dinilai mampu menjadi penantang yang sebanding dengan Zulkieflimansyah.

“Sejauh ini publik beranggapan bahwa incumbent ini tidak ada lawan yang akan muncul menjadi kompetitornya. Ternyata, ada Lalu Iqbal yang cukup serius, Iqbal ini adalah lawan yang sebanding Zul,” kata Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Dr. Ihsan Hamid, Sabtu (13/1/2024) via telepon.

Lalu Iqbal Lawan Setara Zul

Menurut Ihsan, Lalu Iqbal adalah lawan yang setara bagi Zulkieflimansyah. Ia melihat sosok Lalu Iqbal merupakan figur yang akan menjadi penantang berat Doktor Zul.

“Secara personal sama-sama punya pengalaman, sama-sama punya jam terbang internasional, orang yang sudah berkecimpung di pusat dan Iqbal punya relasi internasional seperti Zul,” ujarnya.

Selain itu, Ihsan melihat bahwa situasi politik daerah saat ini cukup dinamis. Para figur baru yang akan maju sebagai penantang calon petahana diprediksi akan muncul usai Pilpres nanti.

“Karena jelas partai politik yang akan menjadi peserta pemilu atau mengusung calon udah kelihatan kursi yang akan didapatkan. Sehingga dia akan mengusung siapa, berkoalisi sama siapa,” kata Ihsan.

Kekuatan Zul Terkikis Jika Tidak Bersama Rohmi

Di sisi lain, kekuatan Zulkieflimansyah sebagai calon terkuat tanpa disadari juga semakin terkikis. Puncaknya usai adanya isu perpisahan pasangan Zulkieflimansyah-SItti Rohmi Djalillah (Zul-Rohmi).

Hal itu kata dia, juga diperkuat dengan kisruh antara Doktor Zul dengan sejumlah elite Partai Perindo NTB pasca adanya statmentnya di acara NWDI.

“Zul-Rohmi itu kuncinya ada di TGB, king makernya adalah TGB. Sebaik apapun orang di bawah yang memasangkan dengan siapa tapi kalau TGB memutuskan beda, ya pisah,” katanya.

Munculnya Lalu Iqbal Buat Kontestasi Pilgus Menarik

Ihsan mengatakan, munculnya sosok Lalu Iqbal dinilai akan mampu membuat kontestasi Pilgub NTB 2024 semakin menarik. Ia juga melihat saat ini dia sudah mulai melakukan pendekatan kepada masyarakat.

“Karena Lalu Iqbal hari ini sudah turun ke ratusan tempat, dan memasang baliho. Artinya dia sudah siap bertarung. Dan ini saya kira adalah lawan yang sebanding untuk Zul. Persoalan dia akan berdampingan dengan siapa itu urusan lain, itu akan ditentukan pasca Pemilu,” tegasnya.

Selain itu, Ihsan juga menilai bahwa munculnya Lalu Iqbal akan memecah asumsi publik yang menyebut pasangan Zul-Rohmi masih terkalahkan.

“Ternyata hari ini banyak Parpol yang mencari alternatif figur lain. Makanya seperti Lalu Iqbal ini akan menjadi pilihan,” pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button