NasionalPileg 2024Pilpres 2024Politik

Hubungan Erat Lalu Iqbal dengan Ponpes Darul Muhajirin

Lombok Tengah – Keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Muhajirin Praya, Lombok Tengah secara resmi memberi dukungan kepada Lalu Muhammad Iqbal untuk maju sebagai calon gubernur (Cagub) pada Pilkada NTB 2024.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Yayasan Ponpes Darul Muhajirin TGH Syamsul Rizal Najamudin, saat menggelar acara silaturahmi keluarga besar dengan Lalu Muhammad Iqbal, di Praya Lombok Tengah, Minggu (24/12/2023).

Lalu Iqbal mengaku terharu usai mendengar dukungan secara langsung dari TGH Syamsul Rizal Najamudin, ia menyampaikan bahwa Ponpes Darul Muhajirin merupakan akar dari keluarganya.

“Jadi keluarga besar Ponpes Darul Muhajirin yang merupakan tanah tempat saya besar kan keluarga saya itu akarnya di sini,” kata Lalu Iqbal.

Lebih jauh, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI itu mengaku tak mengetahui adanya pembahasan internal keluarga besar Ponpes Darul Muhajirin yang memberikan ia mandat untuk maju pada Pilgub NTB 2024.

“Jadi mungkin karena sesepuh sudah mendengar rumor salah satu putranya mau maju kemudian beliau melakukan musyawarah,” ungkapnya.

Mantan Duta Besar RI untuk Turki itu mengaku tak dapat berbuat banyak selain menjalankan mandat yang diberikan tersebut.

“Ini amanah dari keluarga jadi tidak ada yang bisa saya lakukan kecuali memenuhi amanah itu,” imbuhnya.

Lalu Iqbal mengatakan, kedekatannya dengan keluarga besar Darul Muhajirin hampir tak ada jarak. Ia mengaku jika mendiang ayahnya H. Lalu Ma’ruf Misbah sempat menjadi Ketua Yayasan Darul Muhajirin Praya.

Sedangkan almarhum kakeknya, yakni TGH Najamudin Makmun merupakan pendiri dari Ponpes Darul Muhajirin Praya.

“Jadi saya putra kandang dari Ponpes ini. Dan saya menghabiskan masa kecil saya sejak masih belum ada asrama itu,” bebernya.

Sebagai informasi, Ponpes Darul Muhajirin merupakan pondok yang terletak di kota Praya Lombok Tengah dan berjarak sekitar 30 km ke arah timur dari Kota Mataram. Ponpes ini resmi berdiri sejak tanggal 14 Juli 1971.

Meskipun tergolong muda, Darul Muhajirin mampu menjadi Ponpes yang selalu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di NTB.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button