NasionalPileg 2024Pilpres 2024Politik

Wayan Karioka Gagas Sentra Tahu di Abian Tubuh

MATARAM – Sebagian besar masyarakat di Kelurahan Abian Tubuh, Kota Mataram menggantungkan hidup dengan berjualan tahu. Namun hingga saat ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tahu di Abian Tubuh belum begitu optimal berjalan.

Kondisi tersebut membuat Caleg Nomor Urut 8 DPR RI Dapil NTB II Pulau Lombok dari Partai Gerindra, I Wayan Karioka berencana menggagas Abian Tubuh menjadi sentra tahu. Hal tersebut dikatakan Karioka saat menyambangi warga Lingkungan Karang Pelambek, Kelurahan Abian Tubuh, Kota Mataram, Sabtu 11 November 2023.

“Sebelum rencana pencalonan saya sudah sering berkomunikasi sama Pak Lurah (Abian Tubuh), terutama menyangkut usaha tahu di Abian Tubuh ini sangat banyak. Kita punya banyak sumber usaha tahu kok tidak dikemas jadi pusat pariwisata,” katanya di hadapan warga Karang Pelambek.

Wayan Karioka mengatakan jika Abian Tubuh memiliki sentra tahu, ini menjadi bagian dari atraksi pariwisata yang dapat menguntungkan UMKM tahu di Abian Tubuh.

Jika Abian Tubuh memiliki sentra tahu, masing-masing warga dapat memiliki stand tahu yang akan memantik wisatawan untuk mengunjunginya.

“Kita belum punya sentra tahu di Abian Tubuh. Kalau bisa dikemas jadi sentra tahu, semua usaha tahu punya stand kecil untuk berjualan sehingga bisa menarik bus pariwisata bisa mampir, bisa lihat dan langsung mencicipi. Ini akan membantu perekonomian UMKM,” ujar pria yang akrab disapa Waka ini.

Politisi Gerindra ini mengatakan seharusnya NTB sebagai daerah pariwisata dapat menguntungkan ekonomi masyarakat kecil.

“Kalau dagangan sudah laris, mungkin bahan-bahan bisa terjangkau harganya. Karena banyak orang luar datang ke NTB,” katanya.

Menurut Waka, untuk memicu bangkitnya ekonomi kecil masyarakat di NTB, perlu dioptimalkan lagi sektor pariwisata. Jika banyak kunjungan wisatawan ke NTB, sudah pasti berimplikasi juga pada ekonomi masyarakat di NTB.

“Memang ke Lombok tiap tahun kunjungan wisatawan baru 2 juta, kalau Bali 10 juta, lima kali lipat, padahal luasan pulau hampir sama. Ini perlu ditingkatkan, sehingga usaha UMKM semakin berkembang,” ujar Caleg Nomor Urut 8 DPR RI Dapil NTB II Pulau Lombok dari Partai Gerindra ini.

Cari Solusi

Waka akan mencari solusi bagaimana memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat di Abian Tubuh tersebut. Dia akan bertemu Lurah Abian Tubuh untuk membahas persoalan tersebut.

“Keluhan ini akan saya bahas dengan Pak Lurah. Karena sebenarnya banyak akses permodalan, fasilitas yang disiapkan untuk kampung. Fasilitas pelatihan tenaga kerja juga yang disiapkan pemerintah,” kata dia.

Waka berniat ingin membangkitkan ekonomi masyarakat sekaligus ingin melatih masyarakat agar dapat mengambil manfaat dari pembangunan pariwisata di NTB saat ini. Terlebih lagi, NTB saat ini menjadi sport tourism dengan banyaknya event olahraga skala dunia yang digelar belakangan ini.

“Saya ingin membangkitkan ekonomi dan mengurus SDM dengan sarana pariwisata, karena pariwisata sudah terlanjur banyak dibangun di NTB. Ada MotoGP, MXGP, paralayang, pacuan kuda, tahun 2028 tuan rumah PON di NTB, ini sarana banyak dibangun,” katanya.

“Kalau tidak ada yang punya kemampuan mengurus maka tidak ada yang maksimal bagi masyarakat. Makanya saya ingin mengurus itu dari Jakarta baik anggaran maupun kebijakan supaya fasilitas bisa bermanfaat maksimal untuk perekonomian NTB,” sambungnya.

Sebelumnya, warga di Abian Tubuh mengharapkan agar Wayan Karioka dapat duduk di kursi DPR RI untuk membantu persoalan mendasar pada sektor ekonomi masyarakat.

“Kita di sini banyak terlilit bank subuh (rentenir), belum jualan sudah ditagih. Ada juga program jamban yang hanya menyasar orang tertentu saja yang dapat,” kata seorang warga.

Segala curhat warga tersebut ditampung Wayan Karioka untuk selanjutnya akan dibahas bersama lurah setempat untuk mencari solusi mengatasinya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button