NasionalPileg 2024Politik

Pesan dari Mendiang Ayah, Rannya dan HBK Peduli Berikan Ratusan Kotak Telur Segar

LOMBOK TENGAH – Politikus Partai Gerindra Rannya Agustira Kristiono bersama Yayasan Haji Bambang Kristiono (HBK) Peduli tak henti menebar manfaat untuk masyarakat Pulau Lombok. Kali ini, Rannya melakukan aksi kemanusian dengan membagikan telur.
Aksi ini memang rutin dilakukan oleh HBK Peduli. Sasarannya kali ini ibu-ibu Posyandu di Desa Pengadang, Kabupaten Lombok Tengah. Rannya menggelar aksi sosial ini sekaligus membantu pemerintah mengurangi angka stunting di NTB.

‚ÄúSenang sekali hari ini saya bagi-bagi telur kepada Ibu posyandu Desa Pengadang, Kecamatan Praya Tengah. Para ibu begitu antusias,” katanya.

“Penyaluran bantuan telur ayam segar ini dilakukan hampir setiap hari. Kali ini saya berkesempatan untuk ikut melihat langsung kondisi masyarakat di Lombok Tengah,” sambungnya.

Bakal Calon Anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan (Dapil) NTB II P. Lombok itu mengaku, bantuan tersebut diterima dengan penuh rasa syukur dan antusias oleh ibu-ibu dan anak-anak yang hadir.
Rannya dalam kesempatan tersebut menjelaskan, program penyaluran bantuan telur ayam segar kepada ibu-ibu dan anak-anak di P. Lombok ini merupakan salah satu program unggulan HBK Peduli untuk mengatasi persoalan stunting di NTB.

Dari data yang dihimpun, jumlah penderita stunting di Provinsi NTB cukup tinggi. Stunting di di Provinsi NTB pada 2023 mencapai 13,78 persen. Angka ini melebihi target nasional 2023 yakni sebesar 16 persen.

Menurut Rannya, salah satu penyebab stunting adalah kurangnya perhatian pada ibu hamil khususnya soal konsumsi makanan yang mengandung protein.

“Padahal, makanan mengandung protein ini tidak harus mahal, bisa ikan laut, tempe, tahu ataupun telur. Pemberian telur kepada masyarakat ini salah satu cara menunjang konsumsi protein, ” bebernya.

Ditegaskan Rannya, masalah stunting sekarang ini bukan hanya persoalan masyarakat NTB. Tapi juga daerah-daerah lain di Indonesia. Karena itu, dirinya dan HBK Peduli pun berharap, semua pemangku kepentingan terkait, termasuk Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota di NTB bisa bekerja sama dan saling memberikan dukungan dalam mengatasi masalah stunting ini.

“Kalau saja semua stakeholder di NTB ini, termasuk Pemda Provinsi dan Kab/Kota berpartisipasi aktif dalam memberikan dukungan terhadap program mengatasi stunting ini, in syaa Allah, kita akan dapat mengatasinya jauh lebih cepat dari daerah-daerah lain di Indonesia,” ucap Caleg DPR RI Nomor Urut 2 dari Partai Gerindra ini.

Ia juga mengaku, kegiatan rutin penyaluran telur itu merupakan program yang telah sejak lama dirintis oleh Almarhum Ayahandanya yang merupakan Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra asal Dapil NTB II P. Lombok, H. Bambang Kristiono (HBK).

“Langkah ini mengingatkan saya pada almarhum H Bambang Kristiono, melalui HBK Peduli begitu intensif membagikan telur. Almarhum ayah saya ingin menyadarkan masyakat tentang konsumsi sehat,” jelasnya.

Sebagai bentuk baktinya kepada Sang Ayah dan upaya terus melanjutkan derma-derma baik yang telah dicontohkan, Rannya berkomitmen untuk terus melajutkan hal-hal baik yang telah diukir Sang Ayah.

“Saya ingin meneruskan niat baik almarhum dengan tetap terlibat dengan kegiatan sosial membagi telur di masyarakat,” paparnya.

Di sela-sela kegiatan berbagi telur, Rannya menyempatkan diri untuk berdialog bersama masyarakat, khususnya emak-emak dan anak-anak. Rannya dengan penuh senyum mendengarkan cerita, curhatan, dan masalah hidup yang dirasakan masyarakat. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button